• SMA AT-TAWAZUN TERPADU
  • Maju Bersama, Hebat Semua

Dinkes Provinsi Jawa Barat Berikan Pelatihan Santri Husada di At-Tawazun

Kalijati – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat memberikan pelatihan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) kepada santri pondok pesantren At-Tawazun Kalijati, Kabupaten Subang.

Pelatihan tersebut bertujuan agar menjadi santri husada yang mampu menangani permasalahan kesehatan di lingkungan pesantren dibawah bimbingan Puskesmas Kalijati.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Wini Nurliana, S. KM, M. Si mengatakan setelah mengikuti pelatihan para santri diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan.

“Paling tidak, santri bisa menangani ketika ada kegawatdaruratan, seperti demam, pusing. Mereka juga mendapat pelatihan mengukur tekanan darah dan pengukuran suhu serta obat-obatan dari tanaman obat keluarga seperti jahe, kunyit dll, hanya untuk penanganan penyakit ringan saja,” tuturnya saat menyampaikan materi pelatihan Santri Husada, di Pondok Pesantren At-Tawazun, Kamis (4/11/2021).

Selain itu, Staff Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Jahidin, S. KM, MM menambahkan pelatihan dan orientasi ini berguna untuk para santri, agar menjadi mandiri dalam penanganan kesehatan.

Terutama di masa Pandemi Covid-19 sangat riskan, bagaimana mereka mengetahui masalah kesehatan yang ada di sekitarnya dan menyelesaikannya dengan potensi yang dimiliki.

“Kami menamainya santri husada, karena harapannya menjadi kader yang akan menjadi agen perubahan di pondok pesantren, kita tahu problem kesehatan di ponpes itu kompleks, sebab mereka berada di dalam hingga 24 jam, tentu ada yang mengalami penyakit menular ataupun tidak,” jelasnya.

Kegiatan dilaksanakan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama pada tanggal 25 – 27 Oktober 2021 agenda Orientasi/Pembekalan Kader Pesantren. Tahap kedua pada tanggal 3 – 5 November 2021 agenda Musyawarah Masyarakat Pesantren (MMP). Tahap ketiga monitoring dan evaluasi yang akan dilaksanakan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat pada tanggal 22 – 23 November 2021.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kapolres Subang Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren At-Tawazun Kalijati Subang Sampaikan Pesan Kamtibmas

SUBANG – Kapolres Subang AKBP Sumarni melaksanakan Silaturahmi dengan Pimpinan Pondok Pesantren At-Tawazun Kalijati Subang dan Penyampaian Pesan Kamtibmas Kepada Santri dan Santri

15/11/2021 15:05 - Oleh SMA At-Tawazun - Dilihat 206 kali
In House Training Metode Speaking Bahasa Inggris dan Arab di At-Tawazun

Majelis Pembimbing ISTAWA (MPI) bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren At-Tawazun (IKTAPA) mengadakan kegiatan In House Training Metode Speaking Bahasa Inggris dan

16/08/2021 13:05 - Oleh SMA At-Tawazun - Dilihat 221 kali